Thursday

Catatan Akhir Sekolah Sampoerna Academy Malang




Video ini sebenernya masih belum layak publish karena renderingnya error dan baru sempet dirender ulang setelah (ternyata) si Candra mublish ini duluan di youtube. Untung kemarin aku iseng-iseng typing keywords. Ketemu deh. Sial, gak bilang-bilang dia hahaha...

Ok, ini video yang kemarin aku ceritakan. Kami selaku #ohyeah team mohon maaf kalau banyak detail yang missed... misalnya tulisan A Recall yang kekecilan dan kurang ke kanan sedikit, potongan lagu yang sepersekian detik kecepetan, suara Memet yang agak beda karena waktu itu direkam seadanya sebelum dia berangkat tes di STIS, endingnya yang masih misterius (isinya klimaks dan kredit kami sih) karena pengerjaan 15 detik terakhir didadak setelah wisuda (aku rekam paginya, sekenanya objek) di saat... gala diner tinggal 2 hours to go, dan dosanya waktu itu aku malah gak ikut rendering karena gupuh ngurus SBMPTN. Macem-macem wes




Sedikit cuplikan mengenai percakapan di lobby Harris, tanggal 31 malam, 2 jam menuju pemutaran video: "Awakmu gak takon videone?"
"Iyo he sori sori sori wes mbo lebokne kan? Piye dek mau sopo sing garap? Soriii :( :( :( *dan emot sad yang banyak sekali*"
"Gung dadi, pecah rendere..."
"SUMPAH? Sumpah gak mungkin gak mungkin!"
"Lihat wajahku. Apakah tampak berhasil?"

"Iyo."

Ya ampun, kalo inget dari tanggal 28 siang sampe tanggal 30 malem... 10 jam pertama kita cuma berhasil nyelesaiin 2 menit hahaha. Sangat ambisius.

Tanggal 29, sehari sebelum general rehearsal buat Graduation Ceremony, kita masih maksain kerja, sampe subuh tuh di lantai 1 Gedung B. Satpam udah gak berani ngusir. Mulai dari Memet (Memet temen seangkatanku bukan Memet Matthew) yang udah kayak profesor berhasil memecahkan problem template aftereffect haha. Aku, Ayik sama Ichi motong-motongin dan ngepas-ngepasin. Ican mumet nggawe nyowo (naskah itu idenya Ican). Ichi dengan sentuhan-sentuhan brilliant-nakalnya hahaha dan judul yang kita pusingin sampe hari terkahir itu keluar dari mulut Ayik.
Selama tiga hari kita staycation di B12, sometimes mereka semua ninggal tidur aku yang keasyikan motong-motong... sometimes lagu diputar dan kita jingkrak-jingkrak di atas barang-barang Lost and Found yang menggunung. Hingga lahirlah anak pertama kami.

Bela-belain mata merah pas Gala Dinner, turun 3 kg, tapi aku cinta banget sama kalian. Anak-anak muka corel dan aftereffect yang ngajarin banyak hal over the course of 3 days. Tentang toleransi, tentang pentingnya buat gak egois, tentang sinergi, dan bahwa mata dan penggambaran orang itu beda-beda. Bahwa semua hal (walaupun gak mungkin sekalipun) bisa dikerjain sambil seneng-seneng. Kalo kenangan itu bukan dibuat, tapi gimana cara kita ngasi makna. Dan makna yang satu orang dan orang lain kasi itu bisa aja gak sama. Dan kita harus menerima itu.

Itu semua (kecuali part Inagurasi, MOS dan Solo Camp) seratus persen murni hasil karya kami, mata ketiga kami, rekaman kami sendiri. Walau ada yang harus minjem kamera, dan moment-moment macem drama tiga bahasa dan mahakarya perkusi belum bisa masuk.. Maafkan kami ya.

Backsound dari Boooo! sampe Lebih tinggi suara asli kru.

Soundtrack (dari awal ke akhir):
RAN - Hari Baru (usulan Shendy)
Instrumental (usulan Ican)
Hivi! - Lihatlah Dunia (ini aku yang ngebet hehe)
Phillip Phillips - Gone Gone Gone (the lyrics said it all)

Kemarin sayangnya aku pulang duluan. Ngopi-ngopi foto di anak-anak cuma seadanya. Belum minta mentahan video ini (yang kami kerjain di ASUSnya Ichi) dan videonya jadinya.

PS. Di video ini, aku cuma satu kali keliatan. Cek menit 2:11 hahaha

Kalo mau tau gimana kehidupan asramanya lihat video di entry ini ya, klik Some Things Unshown