Wednesday

mbah uti dan tiga dara



salah satu alasan kenapa aku melek pop-kultur seperti sinema, film, musik, pagelaran maupun buku adalah karena nyaris seluruh keluarga dari ibuku berkiblat ke sana. (meski kalo dunia kepenulisan sastra dan jurnalistik sepenuhnya berasal dari darah papa :)

nenekku, anak pertama dari empat bersaudara, lahir di kediri, sudah bermain teater musikal Awal Mira sejak SMP. mbah uti, begitu aku memanggilnya (kok formal banget ya) jadi mbah utiku ini adalah tersangka kenapa aku demen banget nonton. dulu, zaman trans tv masih kece, setiap malam, se ti ap ma lam, pasti mbah uti ngajak aku nonton bioskop trans tv. waktu itu isi filmnya gak kayak sekarang, filmnya tergolong baru, fresh gitu. jadi kelas 2 SD aku udah nonton harry potter, pretty woman, film-film semua nyaris aku tonton, meski kadang dewasa gitu (karena tayang jam 9 ke atas.)

mbah uti, pas kecil (aku kadang amazed mbah kenal TK, kenal SD --dulu SR sih namanya, bahkan simbah di SMA ambil kelas bahasa dan jadi lulusan terbaik angkatan ke-3 SMAN 1 Ponorogo wkwkwk gokil--even mama juga smaza pakdhe mba desi smaza aku tok sing enggak lol la lapo). mbah uti lahir tahun 1947, jepang masih nongki di sunda kelapa. tapi mbah udah kenal bioskop. dan astaga, bapaknya mbah ngenalin mbah ke budaya menonton film.

salah satunya, dan yang paling paling paling diinget dan sering diceritain ke aku adalah ini. film tiga dara.

mbah tuh ya, kalo cerita tiga dara, ga inget kalo sebelumnya udah cerita setiap detail yang sama lebih dari sekodi kali.

even jauh sebelum nia dinata ngumumin mau bikin remake film nya.

ternyata anak-anaknya juga 'ngeluh' sama hahahaha. dan. jadilah. kemarin konser 60 tahun Tiga Dara digelar di Jakarta. mbah pengen banget banget nonton. kemudian film hasil restorasinya diputar di bioskop-bioskop, yang sayangnya, nggak main di ponorogo :( mbah uti sempet yang kecewa banget gitu. tapi aku sekarang jadi ikut excited banget sama film ini!

semoga hasil remake nya sukses ya! yang ini lagu favorit akuuu


ini theme song yang udah diremake:


ini versi aslinyaa keren banget kan untuk ukuran tahun 50an ya gak ya gak

No comments:

Post a Comment